Sunday 16 March 2008

"kentutlogi" or "kentutlogy"

Well....another article that i would like to share to all my readers. I've just finished create another class in my Java programming. Even though still too far away to achieve the objectives. But, anywhere friends...my friend asked me to post about "kentut" or study about kentut could be kentutlogi (in Malay)....a bit funny actually, but in the world of science there is no impossible. Actually i found this article in Indonesian language but I've edited some of it and translated ot to Malay language.


1. Dari mana asal kentut?
Dari gas dalam usus. Gas dalam usus berasal dari udara yg kita sedut, gas yang masuk ke dalam usus dari darah, gas dari tindak balas kimia & gas dari bakteria dalam perut.

2. Apa komposisi kentut?
Bervariasi. Makin banyak udara anda sedut, makin banyak kadar nitrogen dalam kentut (oksigen dari udara diserap oleh tubuh sebelum sampai di usus). Adanya bakteria serta tindak balas kimia antara asid perut & cairan usus menghasilkan karbon dioksida. Bakteria juga menghasilkan metana & hidrogen. kandungan setiap gas bergantung apa yang anda makan, berapa banyak udara disedut, jenis bakteria dala usus, berapa lama kita menahan kentut. Makin lama menahan kentut, makin besar kandungan nitrogen, karena gas-gas lain diserap oleh darah melalui dinding usus. Orang yang makan tergesa-gesa kadar oksigen dalam kentut lebih banyak karena tubuhnya tidak sempat menyerap oksigen. (Oleh itu jangan suka menahan kentut).

3. Kenapa kentut berbau busuk?
Bau kentut karena kandungan hidrogen sulfida & merkaptan. Kedua gas ini mengandung sulfur (belerang). Makin banyak kandungan sulfur dalam makanan anda, makin banyak sulfida
& merkaptan dihasilkan oleh bakteri dalam perut & makin busuklah kentut anda. Telur & daging mempunyi potensi yang besar dalam menghasilkan bau busuk kentut. Kacang berperanan dalam menghasilkan volume kentut, bukan dalam kebusukannya.

4. Kenapa kentut menimbulkan bunyi?
Karena adanya vibrasi lubang anus saat kentut dihasilkan. Kerasnya bunyi bergantung pada kecepatan gas. (Dan diameter lubang anus anda (hebat gitu..hahahah))

5. Kenapa kentut yg busuk itu hangat & tidak berbunyi?
Salah satu sumber kentut adalah bakteria. Fermentasi bakteria & proses pencernaan menghasilkan suhu panas, hasil sampingnya adalah gas busuk. Ukuran gelembung gas lebih kecil, hangat & jenuh dengan produk metabolisme bakteri yg berbau busuk. Fenomena ini kemudian menjadi kentut, walau pun volumenya hanya kecil, tapi SBD (Silent But Deadly).

6. Berapa banyak kentut dihasilkan sehari?
Secara purata manusia menghasilkan kentut 14 kali sehari.

7. Mengapa kentut keluar melalui lubang dubur?
Karena kentut lebih senang dikeluarkan, kenapa gas kentut tidak melakukan perjalanan ke atas? Tidak mingkin. Gerak peristaltik usus mendorong isinya ke arah bawah. Tekanan di sekitar anus lebih rendah. Gerak peristaltik usus menjadikan ruang menjadi bertekanan, sehingga memaksa isi usus, termasuk gas-gas yang terdapat dalam tubuh badan kita untuk bergerak ke kawasan yg bertekanan lebih rendah, yaitu sekitar anus. Dalam perjalanan ke arah anus, gelembung-gelembung kecil bergabung jadi gelembung besar. (Bayangkan kalau kentut keluar dari lubang hidung atau lubang telinga...)

8. Berapa waktu yang diperlukan oleh kentut untuk melakukan perjalanan ke hidung orang lain?
bergantung dengan kandungan udara, seperti kelembaban, suhu, ketumpatan & arah angin,berat molekul gas kentut, jarak antara 'transmitter' dengan 'receiver'.

9. Apakah setiap orang kentut?
Sudah pasti, kalau masih hidup. Sesaat selepas manusia meninggal pun manusia masih boleh kentut. (So kalau kentut tak perlu malu...kalau kentut)

10. Betulkah lelaki kentut lebih banyak daripada perempuan?
Belum ada sumber yang berjaya membuktikan lelaki kentut lebih berbanding perempuan. Kalau ada pun maksudnya perempuan menahan kentutnya,...hahahahahaha

11. Bilakah saat orang selalu kentut?
Kajian menunjukkan orang lebih kerap menghasilkan kentut pada waktu pagi yang dipanggil "morning tunder"..kalau frequensi cukup bagus...boleh dengan setiap penjuru rumah

12. Mengapa orang yang makan kacang menyebabkan orang tersebut selalu kentut?
Kacang mengandung zat gula yg sukar dicerna oleh tubuh tsb(raffinose, stachiose, verbascose) jika mencapai usus, bakteria di usus akan berpesta pora & membuat banyak gas. Jagung, kobis, susu juga penyebab banyak kentut (bukan baunya!).

13. Selain makanan, apa saja penyebab kentut?
Udara yang disedut, makan terburu-buru, makan tanpa dikunyah, minum soft drink, naik pesawat udara (karena tekanan udara lebih rendah, sehingga gas di dalam usus mengalami ekspansi & muncul sebagai kentut.

14. Apakah kentut sama dengan sendawa, tapi muncul dari lubang yang berlainan?
Tidak... sendawa muncul dari perut, kandungan kimianya lain dengan kentut. Sendawa mengandungi udara lebih banyak, kentut mengandung gas yang diproduksi oleh bakteri lebih banyak.

15. Apakah yang akan terjadi dengan kentut yang ditahan?
Bukan diserap darah, bukan hilang karena bocor..Tapi bermigrasi ke bahagian atas menuju usus & pada gilirannya akan keluar juga.Jadi bukan lenyap,tapi hanya mengalami penundaan.

16. Mungkinkah kentut terbakar?
Suda pasti. Kentut mengandung metana, hidrogen yg combustible( gas alam mengandung komponen ini juga). Kalau terbakar, nyalaan-nya berwarna biru karena kandungan unsur hidrogen. (nasihat kepada chef2 jangan kentut dalam dapur nanti meletupssss..)

17. Bolehkah kita nyalakan api dengan kentut?
Belum pasti sehingga anda mencubanya...jangan sampai buntut anda terbakar...

18. Mengapa kentut anjing & kucing lebih busuk?
Karena anjing & kucing adalah karnivor (makan daging). Daging kaya akan protein. Protein mengandung banyak sulfur, jadi bau kentut anjing ini lebih busuk. Lain dengan herbivor seperti sapi, kuda, gajah, yang menghasilkan kentut lebih banyak, lebih lama, lebih keras bunyinya, tapi relatif tidak berbau. (is that mean lebih baik pelihara gajah di rumah daripada anjing).


19. Betulkah boleh pening atau pelupa kalau mencium bau kentut 2-3 kali berturut-turut?

Kentut mengandung sedikit oksigen, mungkin saja anda mengalami pening kepala kalau mencium bau kentut terlalu banyak. Tetapi untuk menjadi pelupa masih belum terbukti. (Makanya orang yang suka hidu kentut harus kurangkan hobinya..hahahaha)

20. Apakah warna kentut?
Tidak berwarna. Kalau warnanya oren seperti gas nitrogen oksida, akan ketahuan siapa yang kentut.

21. Kentut itu apakah asam, pahit atau nutrel?
Asam, karena mengandung karbondioksisa (CO2) & hidrogen sulfida (H2S).

No comments:

Other stories

Related Posts with Thumbnails